Mengapa Nyamuk Suka Terbang di Area Telinga

0
410
views
Nyamuk terbang di area telinga

A

pakah Anda tahu bahwa  tidak semua nyamuk menyedot darah, hanya nyamuk betina saja yang menyedot darah mangsanya. dan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan makan. Sebab, pada kenyataanya, baik jantan maupun betina makan cairan nektar bunga. sebab nyamuk betina memberi nutrisi pada telurnya.

Biasanya tidak asing lagi untuk mengetahui kehadiran nyamuk salah satunya karena mendengar suara dengingan yang dikeluarkan oleh nyamuk, karena nyamuk biasanya sering mengumpul disekitar area telinga dan kepala.

Namun, pernahkah Anda berpikir mengapa nyamuk sering beterbangan di area telinga atau kepala? yang pasti jawabannya bukan karena sang nyamuk ingin berpamitan sebelum menghisap darah Anda, atau mengetes apakah orang itu tidur atau tidak bahkan melihat dia bergerak atau tidak, kalau tidak, berarti si nyamuk bisa leluasa untuk menyedot darahnya hehe. Untuk memperjelas mengapa itu terjadi, Berikut penjelasannya dari ahli serangga dari amerika.

1. Hawa Panas Tubuh
Telinga merupakan bagian tubuh yang memiliki suhu hampir mendekati suhu tubuh inti. Itu artinya, suhu di sekitar telinga adalah area yang paling konstan dan lebih tinggi dibanding bagian tubuh lainnya.
Nyamuk juga salah satu jenis serangga yang mampu mendeteksi hawa panas. Itulah mengapa nyamuk paling suka beterbangan di area kepala terutama telinga yang suhu panasnya tinggi.

[artikel number=4 tag=”unik” ]

2. Kelembapan
Nyamuk memiliki sifat alami menyukai aroma tubuh manusia. Mereka juga tertarik dengan keringat yang keluar dari kelenjar keringat di sekitar kepala. Dengan demikian, ada kemungkinan nyamuk terbang untuk mendekati area kepala bukan telinga. Hal itu disebabkan karena adanya kelenjar keringat yang tertahan oleh rambut. Maka tak perlu heran jika Anda yang seharian menghabiskan waktu di luar rumah tanpa membilas rambut terlebih dulu sering kali dikerumuni nyamuk di bagian kepala.

3. Tertarik Gas Karbondioksida
Ahli serangga dari Amerika Serikat Rick Pollack mengatakan bahwa nyamuk suka beterbangan di sekitar kepala karena tertarik pada gas karbondioksida yang dihembuskan manusia, terutama nyamuk betina. Dan, apabila nyamuk jantan yang ikut terbang di sekitar kepala, itu artinya nyamuk tersebut sedang menandai tempat untuk kawin.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here