Cara Membersihkan Noda Kosmetik pada Pakaian

0
125
views

befren.com – Dalam membersihkan bekas make up atau noda kosmetik bukanlah hal yang mudah, Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya ada banyak cara praktis menghilangkan noda makeup tergantung dari jenisnya. Jika punya uang lebih, bisa serahkan saja semua urusan noda ini pada jasa laundry profesional. Tapi menurut befren tidak perlu menggunakan jasa laundry, cukup lakukan dengan cara seperti berikut.

Hair spray

Noda liptik pada pakaian selain dapat dihilangkan dengan detergen cair, juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan hair spray. Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan perlahan dengan spons dan cuci seperti biasa. Jika pakaian nggak bisa dicuci atau hanya bisa dibersihkan dengan dry cleaning, gunakan saja bedak bayi, kapur atau baking soda. Bahan tersebut berfungsi membersihkan sisi minyak dan lilin yang terkandung di dalam lipstik.

Aseton

Selain berguna untuk membersihkan cat kuku, aseton juga berguna untuk menghilangkan noda cat kuku di pakaian. Caranya, letakkan kain pada permukaan yang rata dengan sisi yang bernoda menghadap ke bawah.

Tisu basah

Makeup dari bahan non-oily adalah eye shadows atau blush on (perona pipi). Pertama, hilangkan noda dengan kuas, lalu gunakan baby wipe (tisu basah) dan tekan-tekan dengan lembut pada bagian yang terkena noda. Jangan terlalu kuat menggosok-gosokkan tisu basah karena justru akan merusak pakaian kamu. Setelahnya, cuci pakaian seperti biasa.

Alkohol

Menggosok dengan spiritus adalah cara yang efektif namun keras untuk menghilangkan noda riasan. Caranya, rendam bola kapas dengan alkohol dan gosokkan di atas noda riasan hingga mulai luntur.

Meski ampuh untuk menghilangkan noda, penggunaan alkohol adalah pilihan terakhir karena dapat merusak pakaian.

Minyak kelapa

Minyak kelapa banyak digunakan sebagai pembersih riasan alami. Minyak ajaib ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lipstik dari pakaian Anda.

Letakkan sedikit minyak kelapa di atas noda dan biarkan meresap. Lalu tuangkan beberapa tetes deterjen cair ke noda. Gosok deterjen pada noda menggunakan ujung jari. Diam kan selama beberapa menit agar terserap kemudian cucilah baju tersebut seperti biasa.

Krim cukur

Krim cukur berguna untuk menghilangkan noda lipstik dan alas bedak atau foundation. Ambil krim cukur dalam jumlah banyak dan oleskan di atas noda. Biarkan terserap selama 10-15 menit dan gunakan air dingin untuk membersihkan nodanya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here