Manfaat Pijat Batu Panas Pada Tubuh dan Jiwa

0
1266
views
Pijat Batu Panas Pada Tubuh

P

ijat batu panas Ini digunakan untuk membantu Anda rileks dan meredakan otot yang tegang dan merusak jaringan lunak di seluruh tubuh, mencoba pijat batu panas (hot stone massage). Kini banyak tempat spa di kota-kota besar yang menawarkan pijat jenis ini. Batu-batu tersebut biasanya terbuat dari basal, sejenis batuan vulkanik yang menahan panas.

Batu tersebut dipanaskan dengan alat khusus sampai berada dalam kisaran suhu yang tepat, biasanya antara 110 dan 130 derajat Fahrenheit. Selama pemijatan, batu-batu akan ditempatkan pada bagian tubuh tertentu, seperti
Sepanjang tulang belakang, perut, dada, di muka, telapak tangan, kaki dan jari kaki Anda

Sama seperti pijat jenis lainnya, pijat batu panas dapat memberikan keuntungan untuk kesehatan fisik maupun psikis.

Terapis pijat dapat menahan batu yang dipanaskan saat memijat tubuh Anda menggunakan teknik pijat Swedia seperti: Stroke panjang, Gerakan melingkar, Getaran
Penyadapan, Menguleni.

Berikut beberapa manfaat  pijat batu panas:

01

Meringankan pegal dan nyeri otot

Nyeri otot dan pegal

Panas dari batu akan membantu otot rileks, sehingga bisa melepaskan ketegangan dan meredakan nyeri. Aliran darah juga akan meningkat pada area yang bermasalah.

02

Mengurangi stres dan kecemasan

Mengurangi stres

Ini adalah posisi American Massage Therapy Association bahwa “terapi pijat bisa efektif untuk menghilangkan stres.” Penelitian mendukung pendapat mereka. Sebuah penelitian di tahun 2001 menunjukkan bahwa pijat sepuluh menit memperbaiki respons kardiovaskular seperti volume stroke.

[artikel number=5 tag=”health” ]

Sebuah penelitian di tahun 1997 menemukan bahwa 15 menit, pijat di tempat-tempat kerja secara signifikan mengurangi stres dibandingkan dengan istirahat 15 menit tanpa pijat. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa orang-orang yang menjalani operasi kolorektal abdomen memiliki sedikit rasa sakit, ketegangan dan kegelisahan setelah melakukan pijat pasca operasi.

03

Membuat tidur lebih nyenyak

Membuat tidur lebih nyenyak

Banyak orang memiliki kualitas tidur yang buruk. Faktor seperti stres, insomnia, dan kesibukan membuat mereka kurang tidur dan mengalami gangguan tidur. Sebuah studi menunjukkan bahwa pijat dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak untuk orang lansia. Sementara itu, penelitian lainnya menemukan bahwa bayi dengan masalah tidur yang diberi pijatan selama 15 menit oleh orang tua mereka, akan tidur lebih cepat.

04

Meredakan gejala penyakit autoimun

penyakit autoimun

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa pijat batu panas dapat memberikan manfaat untuk penderita artritis rematoid. Para peserta penelitian mengalami penurunan rasa nyeri, kekuatan genggam yang lebih baik, serta lebih mudah bergerak setelah menjalani terapi pijat selama 1 bulan.

05

Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

kekebalan tubuh

Pijat dapat memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian di 2010, satu sesi terapi pijat Swedia memiliki dampak positif dan akut terhadap kekebalan tubuh. Sampel darah yang diambil sebelum dan sesudah pemijatan menunjukkan penurunan arginin-vasopresin, hormon yang membantu mengatur tekanan darah dan retensi air.

Siapa pun yang mengalami ketegangan otot dan nyeri, insomnia, atau stres bisa mendapat manfaat dari pijat batu yang panas. Jika Anda memiliki kondisi kronis yang menyebabkan rasa sakit, bicarakan hal tersebut dengan dokter Anda untuk melihat apakah pijat batu panas adalah pilihan tepat.

06

Memperbaiki Sirkulasi Darah

Memperbaiki Sirkulasi Darah

 

Ketika panas dari batu menembus ke jaringan tubuh yang lebih dalam, pembuluh darah akan terbuka sehingga meningkatkan sirkulasi. Sirkulasi yang buruk diketahui dapat menyebabkan kelelahan.

Selama dilakukan oleh terapis yang profesional, pijat batu panas termasuk aman. Namun, pijat ini tidak direkomendasikan untuk semua orang. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, varises, migrain, penyakit autoimun, kanker, dan epilepsi, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum pijat.

Selain kondisi di atas, Anda juga tidak disarankan untuk menjalani pijat ini  bila Anda baru menjalani operasi dalam 6 minggu terakhir dan mengalami luka baru-baru ini. Jika Anda memiliki riwayat pembekuan darah, mengonsumsi obat pengencer darah, memiliki jumlah trombosit yang rendah, dan osteoporosis berat, pijat jenis ini juga tidak disarankan. Ibu hamil dan anak-anak juga tidak dianjurkan untuk melakukan pijat batu panas.

Pada saat Anda sedang menjalani pemijatan ini, jangan sungkan-sungkan untuk segera memberitahu terapis jika Anda merasa batu terlalu panas atau tekanan terlalu dalam.  Bila terjadi ada rasa sakit dan ketidaknyamanan selama proses pemijatan beritahu terapisnya.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here