Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Secara Alami

0
232
views

befren.com – kulit kepala yang kering disebabkan kurangnya minyak di bagian tersebut. Dalam kondisi seperti ini membuat gatal-gatal, kulit mengelupas, dan iritasi. Bisa juga ini membuat rambut Anda tampak kering dan kusam lho.

Terkadang, sesuatu yang sederhana seperti tidak minum cukup air atau mencuci rambut setiap hari bisa menjadi penyebabnya. Namun, kondisi medis seperti eksim atau psoriasis juga bisa menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa tips alami untuk mengatasi kulit kepala yang kering.

Lidah Buaya

Ada beragam manfaat lidah buaya. Banyak orang mengoleskan daging buah lidah buaya untuk mengobati beberapa kondisi kulit, seperti luka bakar ringan, kulit terbakar sinar matahari, frostbite (kerusakan pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat udara dingin yang ekstrim), psoriasis, dan luka pada bibir akibat virus herpes. Tidak sedikit pula yang menggunakan lidah buaya untuk membantu penyembuhan luka bedah, luka akibat tekanan terus-menerus (bedsores), ketombe, kulit lecet, kulit luka akibat radiasi, kulit kepala bersisik dan kemerahan (seborrhea).

Beberapa bahan kimia dalam lidah buaya diduga dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah kecil di kulit dan membunuh bakteri atau jamur. Selain itu, lidah buaya mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit, dan melembapkan kulit.

Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat antiseptik, anti-jamur, dan antibiotik yang kuat. Bahan alami ini dapat meringankan kulit kepala kering dan gejalanya. Itulah sebabnya banyak sampo anti-ketombe yang mengandung minyak tea tree.

Anda bisa  menggunakan salah satu produk yang mengandung zat tersebut. Bisa juga mencampur beberapa tetes minyak tea tree, minyak kelapa atau minyak zaitun, dan memijatnya ke kulit kepala Anda. Kemudian, biarkan selama 10 menit sebelum cuci rambut.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk kesehatan kulit ataupun kulit kepala kering. Jenis minyak ini dapat melembapkan kulit kepala. Ini karena memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Bahkan dapat membantu mengobati dermatitis atopik.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa langsung ke kulit kepala Anda. Lalu, pijat perlahan ke kulit. Biarkan selama 10 menit sebelum mencuci rambut. Minyak ini tak hanya akan membantu kulit kepala Anda yang kering. Namun,  juga akan membuat rambut lebih halus.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here