Resep Membuat Mie Aceh

0
393
views

befren.com – Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan berbagai kuliner khas terbaik yang bahkan telah mendunia. Saat berkunjung ke Aceh, belum lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi menu dengan bahan mie kuning tebal plus irisan daging yang disajikan.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata bikin Mie Aceh tidak terlalu sulit. Dan bahannya pun mudah didapat. Kamu bisa menikmati Mie Aceh buatan kamu sendiri dengan mencoba resep berikut ini.

Bahan Mie Aceh:

  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 35 gr tepung tapioka
  • 2 butir telur ayam
  • 250 gr tepung terigu
  • 3 sdm minyak bawang
  • 40 ml air
  • 1 sdt garam halus

Cara Membuat Mie Aceh:

  1. Siapkan mesin pengaduk bahan mie. Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka. mesin otomatis akan mengaduk bahan, hingga adukan menjadi rata.
  2. Lalu masukkan telur dan minyak bawang. Kedalam mesin pengaduk bahan mie hingga semuanya tercampur rata. Uleni hingga adonan mulai kalis.
  3. Masukkan air dan kaldu ayam bubuk sambil terus diuleni. Adonan terus diuleni hingga benar-benar kalis dan merata semuanya.
  4. Diamkan adonan hingga selama 20 menit. Tutup wadah adonan dengan plastik agar tidak ada udara yang masuk ke dalam adonan.
  5. Taruh adonan di tempat yang datar, lalu pipihkan dengan kayu penggiling adonan. Pipihkan adonan sedikit demi sedikit sambil ditaburi tepung terigu agar tidak lengket.
  6. Pipihkan adonan hingga didapat ketebalan yang diinginkan.
  7. Cetak adonan yang sudah pipih dengan mesin cetakan mie.
  8. Setelah mie selesai dicetak, simpan mie dengan ditaburi tepung terigu.
  9. Rajang mie dengan mesin perajang mie.
  10. Selanjutnya rebus saat akan dipakai.
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here